Jurusan Apa Buat Kamu?

Ingin masuk jurusan apa setelah lulus dari SMA? Kalau masih bingung itu adalah hal yang biasa. Tetapi, jangan sampai salah memilih jurusan. Banyak yang tidak berprestasi di Perguruan Tinggi karena merasa salah memilih jurusan.

Perguruan tinggi merupakan salah satu langkah di hidup kita yang akan banyak memepengaruhi bagaimana kita berpikir. Selain itu menjadi mahasiswa adalah hal yang menyenangkan apalagi didampingi teman ataupun sang pacar, namun kesalahan dalam pemilihan jurusan bisa membuat semua hal menyenangkan dalam perkuliahan menjadi hilang, tidak menyenagkan alias suram. Saya kenal dengan 5 orang, sebutlah si Andi, Anda, Ani dan Anton, Andi merupakan orang yang memilih perkuliahan hanya berdasarkan gengsi Almamater Universitasnya tidak peduli apapun jurusannya. Anda merupakan orang yang memilih jurusan berdasarkan kehendak orang tua ataupun teman-teman. Ani adalah orang yang memilih hanya berdasarkan ia lulusnya kemana ia kuliah disitu. Anton adalah orang yang tidak memilih jurusan berdasarkan gengsi Alamamater Universitasnya namun dia adalah orang yang teguh pendirian jadi dia hanya ingin kuliah di jurusan yang dia sukai saja dan tidak terpengaruh oleh orang lain, namun setelah kuliah dapat dilihat bahwa prestasi Anton jauh melebihi yang lain. Lalu? Tipe yang manakah kamu?

Kiat – kiat memilih jurusan:

a. Cari informasi mengenai sejarah ilmu pada jurusan yang kamu inginkan

b. Cari informasi mengenai lapangan pekerjaan apa saja yang terbuka untuk lulusan jurusan yang kamu pilih

c. Cari tahu kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk skses di jurusan tersebut

d. Pilihlah Jurusan berdasarkan apa yang kamu sukai

Pesan dari seseorang yang saya kenal adalah, lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Setiap tahunnya sangat banyak yang mahasiswa lulus tetapi di dunia kerja yang dibutuhkan bukan hanya prestasi akademik, bukan hanya hard skill tetapi yang dibutuhkan adalah kemampuan berorganisasi, kemapuan menjadi seorang pemimpin, kemampun kita untuk selalu kreatif atau soft skill. Teruslah belajar karena belajar seperti kita makan, ketika kita tidak makan maka kita akan merasa lapar begitu pula seharusnya ketika kita tidak belajar. Kita makan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dan begitu pula seharusya ketika kita belajar untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Dan berbanggalah menjadi mahasiswa di jurusan apapun yang kamu pilih jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang sukses dan berprestasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: