News

BANTUAN KEMANUSIAAN BAGI WARGA PALESTIN A TERHAMBAT OLEH ISRAEL

Sejak Israel memblokade Jalur Gaza, Palestina terputus dari dunia luar. Bantuan kemanusiaan bagi sekitar 1,5 Juta warga palestina pun terhambat. Setidaknya berikut adalah misi kemanusiaan yang terjegal akibat Israel:

17 Januari 2008: Israel menutup semua pintu perbatasan yang menghubungkan Israel dangan Gaza dengan alas an mengurangi gejolak kekerasan di dalam wilayah Israel

01 Desember 2008 : Kapal-kapal perang Israel mencegat sebuah kapal barang Libya bermuatan 3000 ton bahan makanan yang hendak merapat di Jalur Gaza dan diperintahkan kembali ke Mesir.

09 Januari 2009: Satu unit kendaraan milik palang merah Internasional diserang saat hendak membawa bantuan obat-obatan ke Jalur Gaza

15 Januari 2009: Markas Badan Batuan Sosial dan pekerja PBB di Gaza di serang tiga tank Israel.

05 Febuari: Militer Israel menembaki kapal Lebanon yang membawa bantuan kemanusiaan untuk pedududk Jalur Gaza.

31 Mei 2010: Armada Kapal Freedom Flotila yang menyangkut ratusan relawan dan ribuan ton bantuan terhalang masuk ke Gaza. Sejumlah 19 relawan tewas dan pluhan lainnya cedera. Sampai saat ini jalur yang bisa dilalui untuk menuju Gaza hanya ada dua yaitu melalui Rafah dan Yordania tetapi jalur ini sulit dilewati karena harus melewati Israel terlebih dahulu.

Seperti yang kita tahu lima Negara yang memiliki hak veto yaitu Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Perancis dan Cina. Semua keputusan yang diambil Dewan Keamanan harus mendapat persetujuan dari kelima anggota tetap dan jika salah satu dari Negara pemegang hak veto itu tidak setuju maka keputusan yang diambil batal. Namun yang menjadi pertanyaan adalah kemanakah negara-negara yang memiliki hak veto tersebut, apakah mereka tidak tergerak untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina ini. Ternyata semua yang dilakukan Israel tentunya tidak lain adalah Amerika yang ikut andil dalam hal ini. Pidato Hillary Clinton yang menyatakan bahwa Amerika akan mendukung Israel tentunya menguatkan persepsi kita bahwa PBB tidak akan mungkin membantu dalam penyelesaian permasalahan ini jika Amerika masih mendukung Israel.

PERINGATAN EMPAT TAHUN LAPINDO

Lapindo Brantas Inc. adalah salah satu perusahaan yang ditunjuk BPMIGAS dalam kontraktor Kerja Sama untuk melakukan proses pengeboran gas bumi dan minyak. Pada 29 Mei 2006 lumpur panas Lapindo menyembur dari sumur Banjar milik PT. Lapindo Brantas di desa Renokenongo, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoar provinsi Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sampai saat ini semburan lumpur lapindo yang menyebabkan tutupnya puluhan hektar sawah dan pabrik yang juga menyebabkan pemukiman penduduk menjadi tak bisa ditempati serta jalur transportasi yang tidak bisa dilewati belum juga dapat diselesaikan. Bahkan menjelang empat tahun terjadinya lumpur Lapindo ini masih banyak warga yang mengaku bahwa ganti rugi yang didapat belum sesuai dengan janji yang diberikan oleh Lapindo Brantas Inc.

Jakarta (Kompas.com) – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Gerakan Menuntut Keadilan Korban Lapindo, akan menyelenggarakan aksi memperingati 4 tahun semburan lumpur PT Lapindo Brantas di Sidoarjo, Jawa Timur. Koordinator Aksi, Slamet Daroyni mengatakan, aksi akan dilakukan di depan Istana Negara, Jakarta, pada Sabtu (29/5/2010) besok.

“Aksi akan dilakukan pukul 10.00 sampai pukul 12.00 oleh para aktivis dari sejumlah LSM,” kata Slamet di Kantor WALHI, Jakarta Selatan, Jumat (28/5/2010).

Dalam aksi tersebut akan turut dibawa puing rumah warga dan segala sarana dan prasarana yang hancur akibat terendam lumpur. Akan diadakan pula aksi teatrikal.

Slamet mengatakan, aksi simultan sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas terhadap para korban lumpur juga akan dilakukan di sejumlah daerah, diantaranya Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Papua, Kalimantan Barat dan Bengkulu.

Tindakan dan penanganan pemerintah terhadap para korban lumpur dinilai tak serius. Tak sedikit korban lumpur yang belum mendapatkan kompensasi terhadap hak-haknya yang hilang akibat semburan lumpur yang muncul dari aktivitas pengeboran PT Lapindo Brantas pada tahun 2006 tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: